Saturday, May 17, 2014

Siklus Akuntansi



   Hai Para Eat'ers disini saya memberikan data berupa siklus akuntansi  admin
   akan Memberikan siklus akuntansinya yaitu sebagai berikut  :


1.      Transaksi ( Transaction )
Ya yang pertama dalam siklus akuntansi adalah transaksi, agan semua tau kan kenapa ? , y
Betul kalau tidak ada transaksi berarti tidak ada data dan tidak dapat kita lakukan kegiatan
Selanjutnya.
Btw kita saat ini menggunakan system Accrual Basis bukan Cash Basis, ada yang tau apa
          Itu Accrual Basis dan Cash basis, ya klw gak tau agan akan memberitahunya :
·         Accrual Basis adalah system dimana semua kegiatan keuangan dicatat sebagai transaksi. ( Contoh : membeli dengan kredit, menjual dengan kredit, gaji yang masih harus dibayar, etc )
·      Cash Basis adalah system dimana kegiatan yang tunai saja ( cash ) yang disebut transaksi. ( Contoh : Membeli dengan tunai, etc )

2.      Jurnal ( General Journal )
Y setelah transaksi maka siklus selanjutnya adalah jurnal, dimana kita memposting mendebit kreditkan Setiap transaksi keuangan.
Contoh : PT. Karya Sejati Membeli 20 truck @ 100.000.000 dimana 50 % dilakukan secara Kredit.
Jurnalnya :

Keterangan
Debit
Kredit
Pembelian ( Truck )
2.000.000.000

       Utang Usaha

1.000.000.000
       Kas

1.000.000.000
Total
2.000.000.000
2.000.000.000

Debit kreditnya harus balance ya gan, kalau tidak berarti ada kesalahan.

3.       Buku Besar ( General Ledger )
Y setelah selesai menjurnal selanjutnya kita mempostingnya ke buku besar ( lihat jurnal
 Diatas maka buku besarnya adalah :

Buku Besar
Pembelian
Tanggal
Keterangan
Ref
Debit
Kredit
Balance
-


2.000.000.000

2.000.000.000



4.      Neraca Saldo ( Trial Balance )
Y setelah selesai buku besar maka selanjutnya kita posting semua angka – angka yang terakhir ( Jumlah debit – jumlah kredit setiap akun ) lalu masukan ke neraca.

Perkiraan Neraca ( Trial Balance ) :
Date
Keterangan
Debit
Kredit

Kas
xxxx


Piutang
xxxx


Pembelian
xxxx


Utang

xxxx

Ekuitas ( Modal )

xxxx

5.      Jurnal Penyesuaian ( Adjusting Entries )
Disini biasanya berisi informasi mengenai beban penyusutan , beban dibayar dimuka, pendapatan yang masih harus diterima, etc.

6.      Laporan Keuangan ( Financial Statement )
Laporan keuangan ini berisi banyak data seperti :
a.       Laporan Laba Rugi ( Income Statement )
b.      Neraca ( Statement of Financial Position )
c.       Laporan Arus Kas ( Statement of Cash Flow )
d.      Laporan Laba ditahan ( Retained Earnings Statement )
Dengan asumsi kita adalah seorang akuntan di sebuah PT yang Go public ataupun
PT tertutup yang melakukan pembagian dividen.

7.      Jurnal Penutup ( Closing Entries )
Disini kita menutup beberapa akun ( maksud menutup disini adalah memulai kembali dari
Nol ) dan akun akun yang ditutup adalah : Semua beban, dividen, pendapatan, dan laba rugi.

Jangan kemana – mana y gan terus kunjungi blog ane ini , dan tinggalkanlah jejak atau setidaknya berikanlah apresiasi bagi admin jika admin layak mendapatkan y dengan mengklik sumber pendapatan blog ini agar blog ini dapat terus hidup, dan jika memang dibutuhkan, saya akan buka web : dengan perkiraaan nama : Candraekonom.net

Klik Disini untuk Contoh Soalnya dan jawabannya.

Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.