Jenis – Jenis Permintaan dan Tugas Manajer Pemasaran - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Tuesday, November 11, 2014

Jenis – Jenis Permintaan dan Tugas Manajer Pemasaran

Ada 8 Jenis Permintaan Yaitu :
a.      Permintaan Negatif ( Negative Demand )
Dimana sebagian besar pasar tidak menyukai produk dan bahkan pasar rela membayar agar produk tersebut dihapuskan.
Tindakan manajer pemasaran :
1.      Menganalisis mengapa pasar tidak menyukai produk tersebut ?
2.      Apakah suatu program pemasaran yang merancang ulang produk, harga yang rendah dan promosi yang positif dapat mengubah kepercayaan dan sikap pasar ?


b.      Tidak ada permintaan ( No Demand )
Dimana pasar tidak merespon atas keluarnya produk tersebut.
Tindakan manajer pemasaran :
“ menemukan cara guna menghubungkan manfaat produk yang bersangkutan dengan
   kebutuhan / minat alami seseorang ”.

c.       Permintaan Terpendam ( Latent Demand )
Dimana sebagian besar konsume tidak terpuaskan oleh produk yang ada. Contoh : konsumen mobil memlki permintaan terpendam akan mobil yang irit dan murah.
Tindakan manajer pemasaran :
“ mengukur besarnya pasar potensial ini dan mengembangkan barang / jasa yang akan
  memuaskan permintaan tersebut ”

d.      Permintaan yang Menurun ( Falling Demand )
Dimana pasar mulai kurang merespon produk.
Tindakan manajer pemasaran :
            “ meningkatkan kembali permintaan yang menurun melalui upaya pemsaran kembali
             produk tersebut secara kreatif ”.

e.       Permintaan yang tidak Beraturan ( Ireguler Demand )
Dimana di pasar terjadi permintaan yang berubah – ubah, sehingga menimbuklan masalah kapasitas.
Tindakan manajer pemasaran :
“ melakukan penyelarasan permintaan ( syncromarketing), adalah menemukan cara untuk mengubah pola waktu permintaan melalui penetapan harga yang fleksibel, promosi dan rangsangan lain”.

f.       Permintaan Penuh ( Full Demand )
Dimana pasar merasa puas akan produk yang dikeluarkan.
Tindakan manajer pemasaran :
“ mempertahankan tingkat permintaan ini dalam menghadapi perubahan selera konsumen serta meningkatkan persaingan”.

g.      Permintaan yang berlebihan ( Overfull Demand )
Dimana permintaan pasar atas produk tersebut melebihi batas kemampuan produksi produk / kemampuan melayani.
Tindakan manajer pemasaran :
“ berusaha menemukan cara untuk menurunkan permintaan semntara seperti menaikan harga maupun mengurangi promosi”.

h.      Permintaan yang tidak sehat ( unwholesome demand )
Dimana pasar menyukai produk yangn tidak sehat.
Tindakan manajer pemasaran :

“ menaikan harga produk setinggi mungkin dan menggunakan promosi untuk memberikan gambaan akan apa yang terjadi pada pengguna produk “

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.