Thursday, August 28, 2014

Masyarakat Ekonomi Asean / Asean Economic Community



Tahun depan ( 2015 ) kesepakatan Masyarakat Ekonomi Asean / pasar bebas asean mulai berlaku. AEC yang menyerupai Masyarakat Ekonomi Eropa/ EU diharapkan akan memiliki askes ekonomi dan diplomasi yang lebih terbuka, terbuka dan menguntungkan.

     Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan ketika ASEAN Economic Community (AEC) 2015 mulai diterapkan, pasar Indonesia

Tuesday, August 26, 2014

Contoh Soal dan jawaban metode pemisahan biaya campuran



PT. Abdi Djaya memutuskan untuk mengestimasi komponen tetap dan variabel yang saling berhubungan dengan aktivitas pengiriman perusahaan tersebut. Perusahaan mengumpulkan data selam 6 bulan terakhir sebagai berikut :
    
Bulan
Paket yang dikirim
Total biaya pengiriman
1
10
$      800
2
20
1.100
3
15
 900
4
12
900
5
18
1050
6
25
1250

Monday, August 25, 2014

Metode Pemisahan Biaya Campuran Ke dalam komponen tetap dan variabel



   Terdapat 3 metode yang digunakan secara luas untuk memisahkan biaya campuran menjadi komponen tetap dan variabel, yaitu :
1.      Metode Tinggi Rendah
2.      Metode Scatterplot
3.      Metode Kuadrat Terkecil
   Setiap metode menghendaki kita membuat asumsi penyederhanaan hubungan biaya linear. Biaya – biaya campuran dianggap mengikuti hubungan linear berikut :

Friday, August 22, 2014

Pro dan Kontra Rencana Kenaikan Harga BBM



    Hallo sobat ecotax sekalian pasti udah dengar dong rencana tentang menaikan harga bbm ( Mengurangi Subsidi BBM ) atau bahkan menghapus Subsidi BBM itu sendiri di pemerintahan Pak Jokowi – JK nanti dimana kita tak tau mana yang akan dipilih bapak presiden dan wakil presiden terpilih 2014 – 2015.

Tuesday, August 12, 2014

SANKSI – SANKSI PAJAK KEPADA PIHAK YANG MELANGGARNYA.



Pengetahuan tentang sanksi dalam perpajakan menjadi penting karena pemerintah lndonesia memilih menerapkan self assessment system dalam rangka  pelaksanaan pemungutan pajak. Berdasarkan sistem ini, Wajib Pajak diberikan kepercayaan untuk menghitung menyetor, dan melaporkan pajaknya sendiri. Untuk dapat menjalankannya dengan baik, maka setiap Wajib Pajak memerlukan pengetahuan pajak, baik dari segi peraturan maupun teknis administrasinya. Agar pelaksanaannya dapat tertib dan sesuai dengan target yang diharapkan, pemerintah telah menyiapkan rambu-rambu yang diatur dalam UU Perpajakan yang berlaku.

Saturday, August 9, 2014

KONSINYASI ( disertai contoh soal dan jawaban )



A.    Pengertian Konsinyasi :
Konsinyasi merupakan suatu perjanjian dimana salah  satu pihak yang memiliki barang menyerahkan sejumlah barang kepada pihak tertentu untuk dijualkan dengan harga dan syarat yang diatur dalam perjanjian.

B.     Pihak – Pihak yang Terlibat Konsinyasi :
1.      Pengamanat ( Consignor ) / Konsinyor
adalah pihak yang menitipkan barang atau pemilik barang. Pengamanat akan tetap mencatat barang yang dititipkannya sebagai persediaan selama barang yang dititipkan belum terjual atau menunggu laporan dari komisioner.

Wednesday, August 6, 2014

Keuntungan dan Kerugian Investasi Obligasi dan Deposito Tetap.



Obligasi dan Deposito Tetap
Investasi yang dapat Anda pilih untuk keuntungan jangka panjang, yaitu obligasi dan deposito. Obligasi adalah surat penundaan hutang yang dikeluarkan oleh pemerintah, perusahaan, atau instansi tertentu untuk diserahkan pada pemegang obligasi. Surat obligasi sendiri memiliki sistem yang sama seperti saham, yaitu harus tercatat dalam bursa efek setempat. Namun demikian, perdagangan obligasi dilakukan secara Over The Counter, yang artinya tidak ada tempat khusus untuk melakukan transaksi surat obligasi ini. Transaksi jual beli surat obligasi dapat dilakukan dengan cara online, juga lewat telepon. Saat ini, semua orang secara individual dapat menjadi pemegang obligasi.

Keuntungan dan Kerugian Investasi Sukuk Negara Ritel dan ORI.



A.   Sukuk Negara Ritel dan ORI ( Obligasi Ritel Indonesia )

Bagi yang belum familiar, perbedaan utama antara Sukuk Negara Ritel dengan ORI (Obligasi Ritel Negara Indonesia) adalah pada underlying asset-nya. Mengingat prinsip syariah yang mengharamkan riba, pada sukuk juga tidak dikenal bunga atau kupon seperti pada ORI, melainkan imbal hasil. Instrumen ini pun telah mendapatkan fatwa kesesuaian dengan prinsip Syariah atau Syariah Compliance Endorsemnet dari Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia.

Friday, August 1, 2014

Peraturan Menkeu RI tentang Akuntan Beregister Negara



Menteri Keuangan telah mengesahkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 25/PMK.01/2014 tentang Akuntan Beregister Negara. PMK ini akan menjadi landasan baru bagi profesi akuntan  dalam membangun kualitas keprofesian yang lebih handal dan mumpuni, untuk bersaing di kancah global.
PMK ini antara lain mengatur mekanisme registrasi ulang, pembinaan akuntan profesional Indonesia, pendidikan profesi akuntan dan ujian sertifikasi akuntan profesional, serta mekanisme pendirian kantor jasa akuntansi (KJA).