Friday, September 9, 2016

Mengenal Lebih Jauh Tentang Investment Opportunity Set (IOS)

Hallo agan2 semua pengunjung setia blog ecotax tidak terasa fanspage ecotax sebentar lagi mencapai 1.000 like itu membuktikan bahwa blog ini dirasa bermanfaat bagi agan – agan semua, untuk membalas dukungan tersebut admin akan terus memberikan artikel – artikel terbaik seputar akuntansi, ekonomi dan pajak. Admin kali ini akan memenuhi salah satu permintaan  artikel mengenai IOS dari pengunjung dan kebetulan sekali admin memdapatkan file tersebut. Tanpa basa – basi lagi ini dia penjelasan mengenai IOS.

Investment Opportunity Set atau yang lebih dikenal dengan sebutan IOS adalah kombinasi antara aktiva riil (asset in place) dengan alternatif investasi dimasa yang akan datang yang memiliki nilai bersih sekarang positif (Wardani dan Siregar, 2009). Didalam ios banyak terdapat proksi – proksi yang dapat mewakili nilai IOS itu sendiri. Adapun proksi – proksi tersebut antara lain :
a.      Market to Book Value of Asset (MBVA)
Sebuah rasio yang digunakan untuk menemukan nilai perusahaan dengan membandingkan antara nilai buku saham dari suatu perusahaan dengan nilai pasar saham.
b.      Market to Book Value of Equity (MBVE)
Ukuran keuangan yang merupakan per penilaian saham dari nilai minimal dari ekuitas perusahaan  dan  merupakan  salah  satu  faktor  yang  dapat     digunakan investor untuk menentukan apakah suatu saham undervalued. Dengan membandingkan antara nilai buku saham dengan nilai ekuitas saham.
c.       Earning Per Share (EPS)
Tingkat keuntungan bersih atau seberapa banyak Rp/$ yang harus dibayar investor untuk setiap $1 laba periode berjalan untuk tiap lembar sahamnya yang mampu diraih perusahaan pada saat menjalankan operasinya. EPS/Price dapat di peroleh dengan membagi laba per lembar saham dengan harga saham.
d.      Capital Expendeture to Book Value of Asset (CPEBVA)
Dana yang digunakan oleh perusahaan untuk memperoleh atau meng – upgrade asset fisik seperti property, bangunan industry atau peralatan atau lebih singkatnya adalah dana yang digunakan oleh perusahaan untuk memperoleh asset fisik.

            Itulah proksi – proksi yang dapat mewakili nilai IOS, jadi semoga dapat bermanfaat bagi agan2 semua dan terus selalu dukung blog sederhana ini agar dapat terus memberikan informasi yang menarik dan terbaru tentunya.

Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.