Thursday, November 24, 2016

Analisis Teknikal atau Teknik Memprediksi Pergerakan harga Saham

Hallo agan2 pengunjung blog ecotax, kali ini admin ingin menshare mengenai analisis teknikal yang dapat agan2 gunakan dalam bisnis jual beli saham. Oke tanpa basa – basi lagi ini dia sebagian informasi mengenai analisis teknikal tesebut.

Pertama, Apa Itu Analisis Teknikal ?
            Secara garis besar analisis teknikal adalah teknik yang digunakan untuk memprediksi arah pergerakan harga saham dan indikator pasar saham lainnya berdasarkan pada data historis seperti informasi harga dan volume perdagangan saham dimasa lalu. Penganut analisis teknikal berpendapat bahwa dalam kenyataan harga bergerak dalam suatu tren tertentu, dan hal tersebut kan terjadi secara berulang – ulang.

Kedua, Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Analisis Teknikal ?
Keuntungan :
            Para pengguna analisis teknikal percaya bahwa jika seorang investor mampu mengaskes informasi secara cepat, punya kemampuan analisis yang tinggi dan punya insting yang tajam atas yang akan terjadi terhadap harga pasar jika ada informasi baru, maka investor tersebut akan mampu mendapatkan abnormal return yang melebihi return pasar atau return investor lainnya.
Kerugian :
            Sebenarnya hal ini lebih bisa disebut sebagai kritikan atas manfaat dari analisis teknikal, sebagaimana diketahui bahwa analisis teknikal kurang efektif digunakan  untuk jangka panjang.

Ketiga, Teknik – Teknik Analisis Teknikal ?
            Admin disini hanya akan menyampaikan beberapa contoh penggunaan garafik analisi teknikal yaitu sebagi berikut :
a.       The Dow Theory
Teori ini pada dasarnya menjelaskan bahwa pergerakan harga saham bisa dikelompokkan menjadi 3 yaitu :
1.      Primary trend, yaitu pergerakan harga saham pada jangka waktu yang lama (dlm beberapa tahun).
2.      Secondary trend, yaitu pergerakan harga saham yang terjadi selama pergerakan harga saham dalam primary trend. Pergerakan sekunder ini muncul sebagai pergerakan yang bersifat sebagai penyimpangan dari pergerakan primer dan biasanya terjadi dalam beberapa minggu atau beberapa bulan.
3.      Minor trend / day to day move, fluktuasi harga saham yang terjadi setiap hari.  

b.      Moving Average
            Moving average / rata – rata bergerak adalah salah satu teknik yang dipakai dalam analisis teknikal untuk mendeteksi dan menganalisis pergerakan harga saham baik saham individual maupun seluruh saham di pasar modal. Tujuannya adalah untuk mendeteksi arah pergerakan harga saham dan besarnya tingkat pergerakan tersebut.
Moving average dilakukan dengan menghitung nilai rata – rata bergerak dari data harga penutupan saham harian selama beberapa periode pengamatan.

c.       Relative strength  
            Relative strength menggambarkan rasio antara harga saham dan indeks pasar atau industri tertentu. Hasil perbandingan biasanya digambarkan dalam plot – plot yang menunjukkan perbandingan harga relatif saham selama jangka waktu tertentu. Dari gambar yang sudah disusun investor akan bisa melihat perbandingan kekuatan saham – saham tersebut terhadap industri atau indeks pasar.

Sekian dulu pembahasan kali ini mengenai analisis teknikal pergerakan harga saham, semoga bermanfaat bagi agan2 semua dan terus dukung kami agar kami dapat lebih semangat untuk selau memberikan informasi lainnya kepada agan2  semua.

Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.